Wednesday, August 22, 2012

{Tutorial} My very 1st skirt project ♥

Lagi ga bisa tidur abis nyusuin Matteo, iseng browsing-browsing ketemu website keren isi tutorial bikin skirt! jadi terinspirasi pengen bikin satu buat diriku ..yg kayak gini nii..sepertinya simple bikinnya :)



Picture courtesy of : Simple Simon and Company

Step 1 : cari bahan
Buka toko kain online langganan n langsung kepincut sama Japanese Fabric motif flower dengan warna dusty pink. Langsung order deh, cukup 1m krn saya berencana membuat mini skirt.


Step 2 : menyiapkan material tambahan
U/ lis pada rok bagian bawah, saya berencana menggunakan pita satin saja. Beli yg lebar 2.5 cm sebanyak 2 m, cukup untuk ngelis sekeliling rok. Bagian pinggangnya saya pakai karet (no zipper), ukurannya ngikutin ukuran lingkar pinggang aja ditambahin 2 cm kurleb untuk jahitan.

Step 3 : memotong bahan
Kain dengan lebar 115 cm sebanyak 1 m ngepas bgt buat bikin skirt. Saya potong kain selebar 10 cm (manfaatin kain pinggir supaya semua kain terutilized) untuk lis rok bagian pinggang. Sisa kainnya saya pakai seluruhnya untuk rok.

Step 4 : pengerjaan rok
Jahit bagian pinggir rok (bagian depan kain saling berhadapan) kira2 1 cm dr pinggir kain. Lakukan hal yg sama terhadap lis rok.

Kalau roknya sudah tersambung (bentuknya skrg mirip sarung :D), sekarang kita jahit pitanya. Saya posisikan pita kira-kira 10 cm dr bagian bawah rok, tempelkan dengan jarum pentul mengelilingi rok. Hati-hati saat menggunakan jarum pentul pada pita satin karena seratnya yang halus mudah sekali ketarik dan menjadi renggang. Jahit pita mengelilingi rok. Bagian ujung pita diselipkan ke sambungan rok (untuk menyelipkan pita, bagian sambungan rok harus dibuka sebagian jahitannya dari belakang). Jahit ulang bagian sambungan rok yang terbuka dari belakang. Hati-hati selipan pitanya bergeser yaa.

Kalau sudah selesai, kayak gini ni tampilan rok nya sekarang :



Step 5 : menjahit kerut bagian atas rok
Cara menjahit bagian ini agak tricky. Saya menggunakan setting benang yang paling renggang, tujuannya supaya benang bisa ditarik nantinya untuk membuat kerutan rok seperti ini :






 

Step 6 : Buat kerutan kira-kira selebar lis rok bagian pinggang



Step 7 : Menyambung lis rok bagian pinggang dengan rok yang sudah dikerut


Step 8 : Membuat lipatan untuk bagian pinggang dan bawah rok..jangan lupa disetrika

 *Lipatan bagian pinggang tampak dalam

 *Bagian pinggang sebelum dijahit

 *Lipatan rok bagian bawah (lipatan pertama kira-kira 1 cm)

*Lipatan rok bagian bawah (lipatan kedua kira-kira 1 cm)

Step 9 : Menjahit lipatan dan memasang karet pinggang

Untuk lipatan bagian bawah rok, tidak ada masalah..cukup sekali  aja dijahit rapih sekeliling rok. Untuk bagian pinggang saya jahit 3 kali (bawah - tengah - atas), sisakan area terbuka kira-kira 1.5-2 cm untuk tempat masuknya karet. Karet pinggang yang saya pasang ada 2 dengan lebar karet kira-kira 1 cm, karet dipotong sesuai ukuran lingkar pinggang. Seperti ini jadinya :


Step 10 : Selesai! HOHOHO akhirnyaaaaaaaaaaaaaaa jadi juga ni rok (phhhhhhhhhhewww!!) dan saya langsung mengenakannya dengan bangga. Yippiieee saya (ternyata) bisa bikin rok ^_______^




1 comment:

  1. Nice info.. Langsung praktek deh kalau gitu.. Terimakasih sharing ilmunya.. Sangat Bermanfaat.. Regards : Fitinline..

    ReplyDelete