Thursday, August 2, 2012

{1st Birthday} Project #2

Belakangan susah banget punya waktu untuk online. Matteo lagi aktif-aktifnya…dah bisa turun kasur sendiri, lanjut gratakin isi kamar ~.~ Meleng dikit aja takut dia dah narik-narik perabotan….mana jam tidurnya jadi berantakan lagi entah kenapa…huhuhuhu...Mumpung ada waktu, saya coba merapel utang postingan blog bulan Juli ^^"

Bersambung dari Project #1, yapp…tema ulang tahun pertama Matteo adalah : layang-layang! Tema ini saya pilih karena sederhana, cocok untuk tema pesta ulang tahun anak laki-laki dan tema ini jarang saya temukan karena kalah pamor dibanding tema kartun karakter.

Project #2 yang saya siapkan adalah : Birthday Goodie Bag. Karena jumlah tamu nya sedikit (total  20 orang termasuk bayi dan anak-anak)..goodie bagnya bisa saya buat sendiri. Setelah mempertimbangkan dari segi budget, waktu dan skill….saya putuskan untuk membuat tote bag. Awalnya ingin membuat tote bag  dari bahan katun motif..tapi mencari motif katun yang sesuai tema sulit sekali. Ada sihh..tapi harganya mahal karena termasuk kain import ^^” Pilihan kedua jatuh pada kain katun jeans. Bahannya halus dan tidak tebal, lebar kain besar plus harganya moderat. Mumpung saya baru punya mesin jahit yang dilengkapi dengan 27 macam tipe jahitan…kepikiran untuk membuat tote bag dengan aplikasi sederhana.

Kira-kira ini nih material yang dibutuhkan untuk membuat 12 pcs denim tote bag  ukuran : 36 x 27 x 3 cm adalah:

1.       Kain katun jeans lebar besar, warna super black : +/- 2.5 m
2.       Kain katun motif kotak-kotak lebar besar, warna hijau : +/- 2.5 m
3.       Kain keras
4.       Kain katun motif aneka warna untuk aplikasi (bisa pakai kain perca juga)
5.       Kain viselin untuk menempelkan aplikasi : 1 m
6.       Lem kertas
7.       Biku-biku aneka warna
8.       Pita grosgrain lebar 1 cm warna biru +/- 2 m

Pengen banget bisa ngasih liat step-step pengerjaannya dari awal..tapi kadang ribet sendiri harus foto-foto di sela-sela pengerjaan…o.O Jadi saya highlight aja beberapa step pengerjaannya yaa...

Pengerjaan aplikasi 

Kain viselin membantu banget untuk pengerjaan aplikasi tote bag. Dengan kain viselin, serat kain jadi ngga “brundulan”. Cara penggunaan kain viselin:

1. Tempel bagian kain viselin yang mengkilat ke bagian belakang kain perca, setrika, gunting sesuai pola.

      Ini  12 set layang-layang dan awan yang sudah ditempel dan disetrika dengan kain viselin.


2.      Beri lem di bagian belakang aplikasi yang sudah ditempel ke viselin, tempel ke bahan tote  bag kemudian setrika sekali lagi untuk merekatkan aplikasi. Setelah aplikasi menempel pada bahan tote bag saatnya menjahit sekeliling aplikasi dengan jahitan zig-zag..kayak gini nii :


Pengerjaan Tote Bag

Untuk pengerjaan tasnya, dimulai dengan menempelkan kedua kain (denim dan kotak-kotak, bagian depan kain saling berhadapan) dengan menggunakan jarum pentul (jahitnya nanti belakangan :)).  Yang dijahit terlebih dahulu adalah lis tas bagian atas (dijahit tanpa kain keras nya).

Note : Si kain denim ini saya potong lebih pendek daripada kain kotak-kotaknya dikarenakan saya menggunakan lis bagian atas tote bag dari kain kotak-kotak yang nyambung dengan lapisan dalam. 

Setelah tersambung, baru deh si kain keras ditempelkan trus dijelujur kasar untuk membantu kain keras tidak bergeser pada saat dijahit nanti. Setelah kain keras,  jahit sekeliling tas secara terpisah (denim sendiri, kotak-kotak sendiri). Jadi seakan-akan ada kantong di dalam si denim tote bag. Pada saat menjahit sekeliling kain kotak-kotak, sisakan sekitar 10 cm untuk membalik. Plus jangan lupa bagian sudut bawah kain denimnya dijahit serong seukuran 3 cm (untuk ketebalan tas). Jadinya kira-kira seperti ini setelah dibalik :

Nah kalau bentuknya sudah seperti ini, saya setrika sekali bagian lis hijau kotak-kotak untuk memastikan kain kerasnya menempel pada kain, setelah itu saya jahit baru deh jelujur kasarnya dilepas.

Tahapan finishingnya tinggal jahit tali dan velcro deh. Kalau dah jadi, kayak gini nih hasilnya :

Total 12 pcs tas sudah siap, 5 pcs diantaranya saya tambahkan bordir nama untuk Matteo dan sepupu-sepupunya. 
Legaaa akhirnya bisa juga kelarin tote bag nya. Thanks to mama untuk bantuannya :*

No comments:

Post a Comment